Ahok Resmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak

Ahok Resmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak



Sebuah gebrakan baru dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama (AHOK) yaitu dengan membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).  Dan kemarin, Kamis 13 Oktober 216 bertempat di  kawasan Petukangan Utara, Jakara Selatan, Ahok meresmikan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Bhinneka yang merupakan RPTRA terbesar di Ibu Kota

 "Kami gunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk membangun. Enggak pakai CSR," kata Ahok di RPTRA Bhinneka, Petukangan Utara, Jakarta Selatan (13/10/2016).

RPTRA Bhinneka memiliki luas 6.800 meter per segi. Lahan ini milik Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI. Sementara pembangunan menggunakan anggaran Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah DKI senilai Rp1,2 miliar.

"Karena itu, desain RPTRA yang memakai APBD lebih bagus sekarang. Bangunannya lebih minimalis dan fungsional," ujar Ahok.

RPTRA ini memiliki fasilitas tempat bermain anak, sarana olahraga futsal, lapangan basket dan bulu tangkis serta amphitheater. Ada pula ruang pertemuan serbaguna, ruang perpustakaan, toilet difable, dan ruang konseling.

"Dan yang paling saya suka itu ada ruang laktasi pakai AC. Supaya anak-anak kalau kepanasan saat menyusui bisa kemari," tandas Ahok.

RPTRA adalah konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, pengawasan CCTV, dan ruangan-ruangan yang melayani kepentingan komuniti yang ada di sekitar RPTRA tersebut.

RPTRA dibangun tidak di posisi strategis, namun berada di tengah permukiman warga, terutama lapisan bawah dan padat penduduk, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga sekitar.

Sumber: www.metrotvnews.com

SHARE

About Blogger

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment